Minggu, 11 Desember 2016

Mengenal Tipe Data Integer Dan Double Dalam Bahasa Java

Mengenal Tipe Data Integer Dan Double Dalam Bahasa Java yang merupakan dua tipe data paling sering digunakan. disini kita akan membahasnya.

Mengenal Tipe Data Integer Dan Double Dalam Bahasa Java
Mengenal Tipe Data Integer Dan Double Dalam Bahasa Java. Tipe data integer dan double ini paling sering digunakan di dalam bahasa pemrograman java. Memang ada juga yang lain lainnya, tetapi untuk membuat suatu perhitungan atau operasi atau bilangan bilangan atau aktifitas lainnya, tentu memakai tipe data yang dua ini. Nah, sebelumnya, apa itu integer ? integer adalah suatu tipe data di dalam bahasa pemrograman seperti java ini yang merupakan tipe untuk data bilangan bulat. Contohnya adalah 3 atau 5 atau seterusnya yang merupakan suatu data bidangan bulat. Lalu, apa itu tipe data double ? tipe data ini digunakan untuk menendakan bahwa data atau bilangan yang ditunjuk adalah bilangan decimal atau sifatnya tidak bulat. Contohnya adalah 2,4 atau 2,5 atau seterusnya. Nah, kedua data ini memiliki perbedaan dan aturannya masing masing..

Perlu diketahui dalam pemrograman seperti java ini, operasi hitung bilangan bilangan tidak bisa sembarangan menggunakan tipe data ini, ada tata cara dan ketentuannya. Tipe data integer misalnya, yang merupakan suatu tipe data bilangan bulat, tidak mungkin menghasilkan suatu bilangan hasil operasi yang nilainnya bilangan decimal atau bilangan double kecuali ada operasi tertentu sebagai pengecualian.

Contoh operasi tipe data integer
Int = x, y, z;
X = 1;
Y = 2;
 Z = 3;
System.out.println( Z / Y );
System.out.println( Y / X );

Lalu, berapakah hasil dari operasi yang pertama dan kedua ? z / y atau 3 / 2 adalah satu, ya satu. Mengapa satu ? karena tipe datanya adalah integer atau bilangan bulat. Walaupun 3 /2 masih sisa koma sekian, tetapi yang diakui adalah satu atau bilangan bulatnya saja. Demikian juga untuk perhitungan yang kedua, hasilnya adalah dua, dan memang bilangan itu tidak ada koma atau tidak ada sisanya artinya bilangan habis dibagi.

Contoh operasi tipe data double

double = x, y, z;
X = 1.0;
Y = 2.0;
 Z = 3.0;
System.out.println( Z / Y );
System.out.println( Y / X );

Nah jika operasi di integer untuk yang pertama tadi hasilnya adalah satu, maka disini disertakan komanya. Tipe data ini memang untuk bilangan decimal maka z /y atau 3/2 adalah 1,5 atau satu setengah. Berbeda dengan integer tadi. Lalu, untuk yang y / x bagaimana ? jawabnnya adalah 2.0 sebab tipe datanya double, jadi disertakan juga komanya, walaupun tidak ada koma, maka dituliskan menjadi koma nol.

Lalu, bagaimana untuk pengecualian seperti disebutkan tadi, dimana situasinya, bilangan integer menghasilkan bilangan doubel setelah dioperasikan ? itu karena bilangan integer dioperasikan dengan bilangan double. Contohnya seperti ini

Int x = 3;
Double y = 2.0;
System.out.println( x / y );


Maka operasinya akan menghasilkan bilangan double atau 1,5 untuk hasil hitungnya. Walaupun tipe datanya integer atau x adalah integer, tetapi jika dioperasikan pada bilangan double atau y, maka akan menghasilkan nilai yang tipe datanya adalah double.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar